Vertigo bukanlah suatu penyakit, melainkan sebuah gejala yang terjadi karena kondisi penyakit lain yang terjadi di tubuh. Vertigo membuat penderita mengalami hilangnya keseimbangan sehingga untuk sekadar berdiri atau berjalan saja sangat sulit dilakukan. Selain itu, kepala akan terasa sakit, pusing, dan bahkan disertai dengan rasa mual dan ingin muntah, berkeringat, serta dapat disertai tinnitus / telinga berdenging.

Pada dasarnya, vertigo perlu mendapatkan penanganan dengan segera. Jika tidak, kondisi yang ada dapat memburuk dan membahayakan penderitanya. Dianjurkan untuk segera membawa penderita ke dokter.

Penyebab penyakit vertigo dibagi menjadi dua, yakni penyebab perifer dan sentral. Penyebab vertigo sentral timbul di otak atau saraf tulang belakang, sementara vertigo perifer disebabkan oleh masalah di dalam telinga bagian dalam.
Vertigo dan Cara Pencegahannya
Vertigo dapat disebabkan oleh beragam kondisi, di antaranya: kaku otot, gangguan tulang belakang khususnya bagian leher, gangguan saraf tulang belakang, Diabetes, Stroke, Penyakit Parkinson, Tumor otak. Pasien dapat mengatasi vertigo dengan duduk diam saat gejala kambuh. Beberapa jenis obat juga bisa digunakan untuk meredakan gejala, namun harus dengan resep dokter. Pengobatan yang diberikan dokter kepada pasien dapat berbeda-beda, tergantung penyebab yang mendasarinya.

Pada umumnya terjadi kaku otot area leher, punggung hingga pinggang, dan kaku sendi leher sehingga saraf tulang belakang akan teriritasi. Terapi otot berupa soft tissue massage (trigger point therapy) dan koreksi / adjustment tulang belakang melalui chiropractic akan memperbaiki fungsi pergerakan tulang belakang dan membantu mengatasi serta menghilangkan vertigo.

Vertigo bisa dicegah dengan beberapa cara, antara lain: Tidur dengan posisi kepala lebih tinggi, Duduk diam sejenak saat bangun tidur, Gerakkan kepala secara perlahan, Hindari posisi membungkuk, agar vertigo tidak kambuh.
Vertigo dan Cara Pencegahannya

Pengobatan Tulang Belakang Spine Sehat

Pada kasus vertigo yang disebabkan oleh gangguan tulang belakang dan saraf, maka dapat dilakukan terapi otot dan persendian untuk memperbaiki fungsi tulang belakang yang terganggu.

Spine Sehat sebagai spesialis chiropractic Jakarta telah berpengalaman mengobati gangguan tulang belakang tanpa operasi. Penanganannya dilakukan oleh dokter dan perawat profesional di bidangnya. Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut mengenai pengobatan vertigo akibat gangguan tulang belakang.

Punya Keluhan Vertigo Akibat Gangguang Tulang Belakang? Segera Konsultasikan Pada Kami dan Dapatkan Penanganan yang Tepat dari Ahlinya!


Artikel Pilihan Lainnya

Sakit Lutut dan Cara Pemulihannya
Sakit Lutut dan Cara Pemulihannya

Sendi lutut termasuk organ yang rentan mengalami kerusakan d...
Read More

Gejala Texting Thumb dan Cara Mengatasinya
Gejala Texting Thumb dan Cara Mengatasinya

Dikenal juga sebagai de’Quervain syndrome, merupakan suatu k...
Read More

Sakit Leher dan Cara Tepat Menanganinya
Sakit Leher dan Cara Tepat Menanganinya

Sakit leher terjadi pada area leher dari atas bahu hingga ba...
Read More

Ketahui Gejala Flat Foot (Kaki Datar) dan Cara Mengatasinya
Ketahui Gejala Flat Foot (Kaki Datar) dan Cara Mengatasinya

Kaki merupakan struktur kompleks dan mempengaruhi pergerakan...
Read More

Tanda-Tanda Adanya Gangguan Tulang Belakang
Tanda-Tanda Adanya Gangguan Tulang Belakang

Tulang belakang merupakan pondasi utama tubuh. Tulang belaka...
Read More


We are the best Solution
for Your Problem