Laptop dibentuk sesederhana mungkin untuk mudah dibawa dan dipakai kemanapun, namun kurang memberikan keuntungan untuk sisi kesehatan leher, punggung dan pergelangan tangan.

Pada dasarnya posisi monitor yang menyatu dengan keyboard sulit disesuaikan dengan tinggi badan, posisi leher dan bahu saat dipakai. Posisi monitor menjadi terlalu rendah, dan posisi pergelangan tangan menggantung saat memakai keyboard atau mouse pad.

Beberapa hal dapat dilakukan untuk memperbaiki atau memodifikasi posisi saat memakai laptop.

1. Hindari posisi duduk membungkuk saat memakai laptop. Apabila anda menaruh laptop di pangkuan saat kerja, tambahkan alas diantara pangkuan dan laptop dengan tas atau bantal sehingga posisi monitor lebih tinggi.

2. Letakkan monitor laptop setinggi posisi mata saat memakai laptop, sehingga monitor dapat dilihat tanpa membungkuk terlalu banyak. Gunakan alat bantu seperti buku atau box untuk meninggikan laptop.
Penggunaan Laptop yang Baik
Penggunaan Laptop yang Baik
3. Gunakan keyboard yang terpisah dari laptop seperti keyboard pada computer. Posisikan keyboard setinggi siku, sehingga bahu dan lengan dapat tetap relaks saat mengetik. Hal ini juga membantu pergelangan tangan untuk tetap netral.

4. Gunakan mouse yang terpisah, bukan mouse pad. Pilih ukuran mouse yang sesuai dengan ganggaman anda. Letakkan mouse cukup dekat dengan badan sehingga posisi pergelangan tangan dapat tetap relaks. Dapat pula ditambahkan penyanggah di bawah pergelangan tangan berupa handuk atau bantal kecil.
5. Posisikan kursi kerja dan meja senyaman mungkin, Duduk bersandar dari pinggang dan seluruh punggung saat bekerja dengan laptop. Posisi telapak kaki tidak menggantung atau ditopang oleh kursi kecil apabila kursi terlalu tinggi. Kursi yang dapat diubah ukurannya dan disesuaikan akan memudahkan saat disesuaikan dengan postur dan ukuran tubuh setiap orang.

6. Monitor yang lebih besar akan memberikan rasa lebih nyaman saat dipakai. Leher tidak terlalu menunduk dan dapat duduk bersandar. Perbesar ukuran huruf supaya otot mata dan leher lebih relaks.

7. Istirahat setiap 30 menit. Lakukan peregangan dan berubah posisi dari duduk ke berdiri sekitar 5 menit.

8. Saat memakai laptop untuk berpergian maka usahakan untuk tidak membawa perangkat pelengkap laptop terlalu banyak sehingga tas laptop tidak terlalu berat.

Dengan memperbaiki atau memodifikasi cara memakai laptop maka akan mengurangi keluhan leher, punggung dan perggelangan tangan saat berkerja.

Artikel Pilihan Lainnya

Postur yang Baik bagi Tubuh
Postur yang Baik bagi Tubuh

Berdiri atau duduk tegak bukanlah sekedar etiket atau formal...
Read More

Posisi Duduk yang Baik saat Menulis
Posisi Duduk yang Baik saat Menulis

Posisi menulis yang baik sangat penting dan mempengaruhi pos...
Read More

Akibat Pemakaian Bra yang Salah
Akibat Pemakaian Bra yang Salah

Tujuh dari sepuluh wanita di Indonesia tidak sadar atas pent...
Read More

Postur Baik itu Seperti Apa
Postur Baik itu Seperti Apa

Ada beberapa pendapat mengenai bagaimana postur yang baik. D...
Read More

Bahaya Penggunaan Painkiller bagi Tubuh
Bahaya Penggunaan Painkiller bagi Tubuh

Ketika rasa sakit menyerang, obat penghilang rasa sakit atau...
Read More


We are the best Solution
for Your Problem